Monday 23 May 2011

MEROKOK SAMBIL JONGKOK




Entah sebuah mitos atau memang sebuah kebiasaan yang selalu dilakukan oleh para perokok, jikalau ke Toilet untuk buang air besar biasanya sambil membawa sebatang rokok, dan menghisapnya sambil jongkok di kloset.
Apa istimewanya kebiasaan itu….? Ya pokoknya nikmat aja deh.

Kegiatan mengendarai kloset sambil merokok memang nikmat, disamping dari pada bengong, menikmati bau kotoran sendiri…ya mendingan bau rokok. Begitu juga dengan para pencari inspirator, closet toilet merupakan tempat dimana kita bisa konsentrasi untuk menghayal dan tak sedikit inspirasi itu muncul begitu saja pada saat sedang bengong sambil menikmati kepulan asap rokok …..ya tentu saja sambil berkonsentrasi agar misi utama buang air besar sukses berjalan dan masuk kelubang yang tepat.



Begitu juga dengan aku, inspirasi menulis tema judul ini memang kebetulan ku dapatkan saat ritual itu sedang kulakukan. Tapi memang kuyakini sebenarnya tak hanya closet toilet saja yang mampu memberikan inspirasi, hanya kebetulan banyak saja orang yang memanfaatkan ruangan sempit itu untuk bengong sambil menghayal ditemani kepulan asap rokok, dan tentu ini bukan sebuah keputusan mutlak jikalau mau mencari inspirasi harus ke toilet.

Tapipun tak bisa dipungkiri, dalam suasanan hening dan kesendirian di sebuah ruangan sempit, maka tak banyak yang bisa dilakukan kecuali bengong dan biasanya dalam kebengongan itu, hayalan dan pikiran kita melanglang buana tanpa batas sehingga tak terduga ada semacam ide-ide kreatif atau inspirasi yang seketika muncul dan jika tidak segera di tangkap biasanya akan hilang atau lupa. Selain merokok sambil jongkok, ada juga yang memanfaatkanya sambil membaca koran dan sejenisnya.
Bahkan terkadang saat kita sengaja untuk mencari inspirasi atau ide-ide dan sejenisnya, malah gak ketemu dan baru muncul ketika kita berada di toilet

Jawaban yang ku gali dari para perokok yang mempunyai kebiasaan merokok sambil jongkok di closet pun sebenarnya jawaban yang absurd dan lebih kepada jawaban asal keluar dari mulut. Tapi bagi para penikmat merokok sambil jongkok di toilet merupakan sesuatu yang sepertinya wajib dilakukan dan sepertinya kurang nikmat jikalau jongkok di toilet tanpa sebatang rokok.
Tak ada jawaban spesifik untuk kebiasaan ini yang sanggup memuaskan para penanya nya. Tapi proses ritual ini sungguh sebuah kebiasaan unik tanpa alasan yang jelas. Merokok sendiri sudah kebiasaan yang buruk, apalagi sambil BAB. Tapi ya terserah lah … semua mengandung persepsi masing-masing. Dan jangan berdepat panjang untuk urusan ini..bisa-bisa malah berantem hehehe.

Tanpa memberikan sebuah pembenaran, aku membuat sebuah analisa pribadi dan subyektif yang pasti akan ditentang bagi para pihak yang anti rokok. Pokonya sebelum merokok sambil jongkok di closet itu di fatwakan haram, maka para menikmat ritual ini pasti akan tetap melaksanakanya dan aku merupakan salah satu mengemar ruangan sempit tersebut selain untuk menunaikan hajad juga bisa digunakan untuk media melamun dan menembut batas cakrawala tanpa ada pihak-pihak yang intervensi. Bagi yang malas untuk menghayal atau mencari ide-ide kreatif diruangan tersebut, ada juga yang dengan konyolnya malah tertidur sambil BAB..walah walah….

Kalo kata pepatah “ sambil menyelam, minum air” …ya sambil BAB …manfaatkan ruang dan waktu itu untuk sekedar melamun, menghayal, merenung dan temukan ide-ide kreatif.

Coba …apa kira-kira yang anda bayangkan saat duduk di closet…? Hanya mencium bau kotoran sendiri ? ……hanya konsentrasi agar si KUNING leluasa lahir kedunia…?......
Trimakasih. (WD)

No comments:

Post a Comment