Tuesday 3 August 2010

KEADILAN SEORANG WASIT ”WORLD CUP 2010”





Piala dunia 2010 ini seakan menjadi magnit bagi tiap-tiap penduduk bumi ini, tak perduli tua muda, pria wanita, juga waria, semua tumpah ruah untuk sekedar tak mau ketinggalan dalam pesta sepak bola dunia ini.
Tim demi tim telah berguguran dan pulang kandang. Ironis memang...tangis dan tawa kebahagian mewarnai tim yang menang, tak terkecuali kekecewaan  dan penyesalan yang dalam pun mewarnai tim yang kalah. 


Perjudian dan taruhan pun ikut meramaikan event ini.
Sepak bola memang sebuah olahraga yang mendunia dan penuh kontroversi bagi pihak-pihak yang merasa terzolimi oleh keputusan wasit. Jika ini terjadi dinegriku mungkin wasit seperti ini sudah ramai-ramai dikeroyok habis-habisan oleh pemain dan suporter. 
Untuk ukuran sebuah pesta sepak bola dunia, pasti wasit merupakan pihak yg sangat bertanggungjawab atas profesionalitas sebuah keputusan dalam pertandingan. 

Meski terkadang pahit dan penuh kontroversi dalam pengambilan sebuah keputusan, tapi keputusan wasit dilapangan adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
Ratusan atau bahkan ribuah kamera dalam memantau sebuah pertandingan bisa juga menjadi wasit masa, dengan segala perbedaan keputusan meskipun terkadang ada yg cukup obyektif juga, tapi tetap tidak mempengaruhi keputusan wasit di lapangan. Kejadian demi kejadian kontroversi telah terjadi dalam perjalanan pertandingan piala dunia. 
Banyak yang dirugikan dan banyak juga yang di untungkan dengan bermacam-macam keputusan wasit.

Tapi inilah sebuah hukum dan peraturan buatan manusia, penuh kontroversi, terkadang benar, terkadang juga salah. 
Apa jadinya jika yang salah malah dihukum dan yang benar malah bebas. Sebuah realitas hukum didunia buatan manusia.

Jikalau keputusan-keputusan wasit pertandingan bola harus memperhatikan dan mendengarkan seluruh pihak-pihak yang menjadi pengamat pertandingan atau kamera slow motion untuk lebih melihat pelanggaran yang terjadi, saat  sebelum keputusan di jatuhkan dilapangan demi mendapatkan sebuah keadilan dan kejujuran, kurasa pertandingan sepak bola ini tidak lagi berlangsung 2 x 45 menit, tapi bisa menjadi 2 X 45 jam.
Tapi itulah sebuah pertandingan sepak bola, Apa adanya dengan segala kontroversi yang ada. Karena justru itulah esensi dan seninya sebuah pertandingan sepak bola yang menarik, penuh dengan trik, intrik dan kotroversi demi menarik emosi para peminat pertandingan sepak bola.(WD) 
  

No comments:

Post a Comment