Tuesday 3 August 2010

”JENGGOT UNIVERSAL”

Rasa-rasanya atribut yang namanya jenggot ini sudah melekat dalam diri kaum pria terutama bagi yang memilikinya. Dengan segala bentuk dan model yang masing-masing memiliki makna yang berbeda-beda. Ada kalanya orang berjenggot identik dengan anak Band, kemodisan,  ada juga yang mengartikan sebagai simbol kefanatikan terhadap agama tertentu, atau dikaitkan dengan sebuah partai politik tertentu di negri ini, bahkan yang lebih ekstrim lagi, para tersangka yang tertangkap dan diduga teroris itu, mayoritas berjenggot lebat.

Bagiku sendiri, beberapa lembar jenggot yang ku pelihara, lebih kepada kemalasanku untuk mencukurnya tapi tetap kurawat, sehingga disaat bengong atau sedang berfikir, kugunakan waktuku untuk sebuah  aktifitas asik, yaitu mengelus jenggot.


Pernah suatu ketika aku didaulat untuk menjadi imam sholat yang kami lakukan bersama-sama di sebuah mushola kecil......wah..ini pasti gara-gara jenggotku dan bukan karena kemampuanku untuk memimpin sholat, pikirku.

Tapi apapun bentuknya, jenggot memang mengindikasikan sesuatu yang berbeda-beda tergantung dari bentuk dan panjang jenggot tersebut dan tentu saja tergantung juga bagi tiap-tiap orang yang menilainya.
Fenomena jenggot, ternyata bisa juga untuk menjadi sebuah alat berkamuflase bagi pihak-pihak yang memiliki misi tertentu. Kepantasan seseorang untuk memelihara jenggot pun terkadang bisa menjadi kontroversi, misalnya ada berita beberapa waktu yang lalu disebuah negara komunis yang melarang pegawai negrinya untuk memelihara jenggot dengan alasan yang tidak jelas.
Tapi di sebuah negara komunis yang lain, seorang fidel Castro dengan elegan memelihara jenggot yang lumayan lebat. Tokoh pembebasan yahudi dari tanah Mesir yaitu Nabi Musa juga berjenggot lebat, bahkan menurut riwayat, Yesus pun berjenggot lebat.
Jadi jenggot sebenarnya tidak bisa di identikan dengan etnis atau ras dan aliran tertentu,  semua berhak memeliharanya. Jenggot bersifat universal. Jadi seyogyanya mari kita sikapi secara positip makna jenggot dan bagi siapapun yang memeliharanya kecuali WANITA.(WD)

No comments:

Post a Comment